Theme images by Storman. Powered by Blogger.

04 May 2016

Solusi Windows Lambat Karena Konsumsi Memory Besar Pada Proses svchost.exe

Windows lambat karena kebanyakan aplikasi atau terkena virus itu sudah biasa, dan kalau tidak bisa ditangani saya yakin temen-temen akan inul alias install ulang. Saya juga berfikir begitu, waktu itu saya menemukan laptop dengan Windows 7 yang katanya sih lambat menurut empunya, karena tidak mau repot scan virus atau seting-seting biar cepat lagi, saya langsung saja install ulang aja.

Waktu itu saya sangat yakin, setelah install ulang sistem operasinya akan berjalan lancar lagi, namun justru setelah install lengkap dengan aplikasinya justru tambah parah, setelah saya lihat penggunaan memory pada Task Manager terlihat penggunaan memory diatas 90%, padahal memory laptop ini 2GB, yang normalnya penggunaan memory sekitar 30-40% setelah inul.


Berarti ada program yang menggunakan memory berlebihan alias korupsi. Benar saja ketika saya lihat pada tab Process di Task Manager salah satu proses svhost.exe menggunakan memory mencapai 700MB, waw !!. Padahal normalnya svhost.exe itu hanya menggunakan memory belasan hingga puluhan megabyte saja.

Setelah melakukan investigasi mengenai kasus korupsi memory ini, ditemukan sebuah service yang menjadi tersangka dalam kasus ini yaitu Superfetch. Langkah yang saya lakukan untuk "memecat" service ini yaitu:
  1. Klik Windows -> Control Panel -> Pada pojok kanan pada View by pilih Small icons -> Administrative Tools -> Klik kanan Services -> Run as administrator.
  2. Klik dua kali Superfetch -> pada Startup Type pilih Disable -> Klik Stop -> Klik Apply dan OK.
Mematikan service Superfetch
Mematikan service Superfetch
Sekedar info, Svhost.exe ini merupakan program yang menangani bermacam-macam service yang ada, dimana masing-masing service memiliki fungsi masing-masing. Kemudian Superfetch adalah service yang bertugas untuk menangani dan meningkatkan peforma dari sistem. Nah Superfetch ini mulai ada pada sistem operasi Windows Vista sampai versi Windows terbaru saat ini. 

Service yang seharusnya meningkatkan peforma sistem justru berkelakuan sebaliknya, hmmmm, tentu saja tidak ada sistem yang sempurna. :D

0 on: "Solusi Windows Lambat Karena Konsumsi Memory Besar Pada Proses svchost.exe"